Sabtu, 10 April 2010

Resign dari PNS..???!!


"Ki, kok resign sih? Kenapa?"
"Walah..Ki, dimana-mana orang pengen jadi PNS, kok kamu keluar sih?"
"Kenapa Ki?"
"Ada apa Ki?"


Demikian beberapa comment dari teman-temanku di FB, pada update statusku "Akhirnya keluar juga SK berhenti dengan hormat atas permintaan sendiri dari PNS..."

Memang agak janggal, dimana sebagian besar teman-temanku berjuang untuk menjadi PNS, aku malah resign dari PNS dengan posisi golongan IIIB. Bagiku hidup adalah pilihan, perlu pengorbanan yang cukup besar untuk mendapatkan sesuatu yang luar biasa.

Setelah menyandang gelar Magister sains, aku dihadapkan pada pilihan yang sulit :
1. tetap bekerja sebagai PNS di sebuah kota di Jawa Timur yang sudah berjalan 5 tahun, namun berjauhan dengan suami yang berprofesi sebagai pengusaha di sebuah kota di Jawa Barat, atau
2. resign dari PNS untuk hidup "normal" berkumpul dengan suami dan memulai mencari pekerjaan baru yang jelas tidak mudah.
Sungguh sangat berat bagiku, karena keluarga besarku menyayangkan jika aku keluar dari PNS, namun aku juga tidak sampai hati jika meninggalkan suamiku yang berusaha memenuhi kewajibannya sebagai seorang kepala rumah tangga untuk mencari nafkah.

Mutasi bukanlah hal yang mustahil, namun kita semua tahu bahwa birokrasi di Indonesia terlalu rumit untuk dilalui, yang pasti membutuhkan waktu yang cukup lama dan biaya yang cukup besar. Aku tidak kuasa untuk melaluinya....

Pada saat itu, keyakinan dan ilmuku sebagai seorang muslimah mulai aku pertanyakan sendiri. Selama ini aku banyak belajar ilmu tentang kesholehan seorang istri, tapi apakah bisa aku aplikasikan dalam hidupku???
Mana yang wajib dihadapan Allah, berpisah tempat tinggal (berjauhan) dengan suami untuk bekerja atau menjaga suami serta keluarganya agar selamat di dunia dan akhirat? Siapakah yang patut disalahkan, ketika seorang suami tertarik pada wanita lain kemudian beliau segera pulang ke rumah, namun di rumahnya tak ditemukan istrinya karena tidak tinggal bersamanya? Wallahu a'lam bis showab.

Ingatlah, rizki Allah itu seluas langit dan bumi, tidak akan pernah disia-siakan seorang hamba-Nya jika dia berjalan untuk kebaikan.

Dengan niat semata-mata karena Allah untuk berusaha menjadi istri yang sholehah, akhirnya aku mantapkan untuk resign dengan hormat atas permintaan sendiri dari PNS. Semoga hal ini menambah amal kebaikan bagi kedua orangtuaku yang telah mendidikku menjadi anak dan istri sholehah.
Alhamdulillah, semuanya dimudahkan oleh Allah. Bahkan setelah aku hidup bersama suamiku, kami bisa membangun perusahaan kami semakin maju dan (semoga) semakin bermanfaat bagi orang lain.

Doakan ya, semoga pengorbananku tidak sia-sia dan menjadi pondasi untuk istanaku di surga nanti. Amiinn...

50 komentar:

  1. amin...mba..aku juga mau resign PNS nih, karna mau urus anakku... ^_^

    BalasHapus
  2. Asslm. Salam kenal mba. Googling kata resign, akhirnya masuk ke blog ini..
    Mau tanya mba, bagaimana prosedur resign atas permintaan sendiri? Boleh dishare dong prosesnya.. Apakah harus memberikan alasan?
    khirnya masuk ke blog ini..
    Mau tanya mba, bagaimana prosedur resign atas permintaan sendiri? Boleh dishare dong prosesnya.. Apakah harus memberikan alasan?
    Bisa reply via email.
    Terima kasih atas jawabannya mba. Wassalamu'alaikum
    Mau tanya mba, bagaimana prosedur resign atas permintaan sendiri? Boleh dishare dong prosesnya.. Apakah harus memberikan alasan?
    khirnya masuk ke blog ini..
    Mau tanya mba, bagaimana prosedur resign atas permintaan sendiri? Boleh dishare dong prosesnya.. Apakah harus memberikan alasan?
    Bisa reply via email.
    Terima kasih atas jawabannya mba. Wassalamu'alaikum

    BalasHapus
  3. wah.., sy lagi nyari2 referensi untuk resign dari PNS, tp ternyata nemu blog ini. Dan sepertinya pemiliknya saya kenal. Alhamdulillah..
    Sepertinya saya pengen mengikuti jejak nya nih mba.. Kerja sebagai PNS, sudah 5 tahun ini saya belum dapat rasakan kenikmatannya sama sekali, yang ada selalu jadi polemik antara meluruskan hati dan hidup dilingkungan yang serba "bengkok". Pertlu mematangkan niat sekali lagi sematang-matangnya.. untuk bisa mengambil keputusan sepertimu mba..
    Salam untuk mas A

    BalasHapus
  4. Subhanalloh...salut buat mbak...
    Secepatnya saya juga akan menyusul,karena ak dan suami juga hidup berjauha....mohon info caranya resign donk mbak...makasih..

    BalasHapus
  5. salut bwt mbakk,,saya jg sdg berfikir utk resign.saya jg berjauhan dgn suami.smg jalan saya jg dilancarkan spt mbak.aamiin

    BalasHapus
  6. masyaAllah....setelah googling ketemu dengan pengalaman mbak..
    saya juga seorang ibu beranak satu,,sedang merencanakan untuk keluar, karena saya ingin mengasuh dan mendidik anak saya dengan tangan saya sendiri, dan juga setelah bekerja selama 4 tahun saya juga tidak merasakan ketenangan hidup. malah banyak tertekannya...boleh share mbak gimana caranya resign?

    BalasHapus
  7. masyaAllah....setelah googling ketemu dengan pengalaman mbak..
    saya juga seorang ibu beranak satu,,sedang merencanakan untuk keluar, karena saya ingin mengasuh dan mendidik anak saya dengan tangan saya sendiri, dan juga setelah bekerja selama 4 tahun saya juga tidak merasakan ketenangan hidup. malah banyak tertekannya...boleh share mbak gimana caranya resign?

    BalasHapus
  8. gmn caranya mau resign dr pns? bs ksih tau sy step2nya.krn sy jg akn melakukn hal yg sama..trimakasih

    BalasHapus
  9. Salut buat mba..
    kebetulan sy jg seorang PNS pengen resign alasannya sm kaya mba jauh dengan istri boleh share dong caranya..tq sbmlnya

    BalasHapus
  10. saya juga terpikir untuk resign....tapi kapan ya?

    BalasHapus
  11. saya tersiksa jd pns tolooong

    BalasHapus
  12. Inspiratif sekali. Butuh keberanian untuk resign dari PNS, terutama keluar dari zona nyaman itu paling berat. Tapi insya Allah saya juga akan melakukan hal yang sama. Terima kasih sudah share pengalamannya..

    BalasHapus
  13. subhanallah... keputusan yg sangat bijak sekali mbak. saya jg akan segera resign mbak. karna saya sudah pernah mengurus pindah, tp sampai skrg tidak tau kemana surat saya itu, hilang tanpa jejak menguap ntah kemana. saya jg pengen bersama dgn suami dan orang tua saya karna saya anak tunggal, bagi saya surga it ada di hati suami & orang tua saya. mereka adalah sumber kekuatan saya termasuk anak saya. banyak hal yg tidak saya mengerti di sistem pemerintahan ini khususnya birokrasinya. karna saya bukan siapa2, jd tidak bisa untuk pindah, tanpa kejelasan. saya ingin mencari kenyaman lahir & batin. mudah2an di berikan kelancaran seperti mbak. aminnnn

    BalasHapus
  14. Assalamualaikum ukhti,
    Saya sudah mengajukan resign dr pns. Tp belom di acc sampai skrg. Saya sudah jenuh menunggu krn harus berjauhan dg suami. Berapa lama waktu untuk dapat sk resmi keluar dr pns?
    Terimakasih
    Wassalamualaikum wr.wb

    BalasHapus
  15. wah ternyata setelah googling resign dari pns nyatanya banyak yang ounya keinginan sama dengan saya. Berdasar pengalaman teman suami yang sudah resign, pada saat kita memutuskan untuk resign, bisa langsung mengerjakan apa yang sudah kita rencanakan sebelumnya. tapi kalau mau menunggu yah sambil selesaikan tugas2 yang akan kita tinggalkan. jadi mba mareta gak perlu nunggunya di tempat kerja dan masih harus berjauhan dengan suami, karena SK itu akan keluar lamaaa sekali. saya juga sedang menyusun langkah-langkah utk resign agar bisa resign disaat yang tepat tanpa merugikan siapapun.

    BalasHapus
  16. ternyata banyak yang pengen resign dari pns..saya juga, walopun saya baru 3 tahun jadi pns tp saya merasa tidak nyaman dan pengen banget resign..apalagi saya berjauhan dengan suami. jarak tempuh rumah dgn tempat kerja jg jauh.. pp 120km..sungguh berat utk saya setiap hari laju pake motor. kalo saya kos, anak saya masih kecil..kasian dia sudah jauh dr ayahnya, ketemu ibunya kalo sore aja, itupun dengan kondisi fisik yang sudah capek..mudah2an saya diberi kemudahan untuk segera resign dr pns..saya jg merasa tidak nyaman dengan pekerjaan saya..

    BalasHapus
  17. Luar biasa sebuah keputsan yang matang dan penuh tanggung jwab, sulit rasanya untuk tetap bertahan di tengah ketidak sesuaian antara hati dan kenyataan...teruslah berjuang untuk mendapatkan kedamaian dunia dan akhirat .

    BalasHapus
  18. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  19. Terima kasih buat Inspirasix. Mudah2 Allah memberikan pertolongan bisa ngikut jejak mba. Resign

    BalasHapus
  20. Alhamdulillah ketemu blog ini di google.. perasaan saya sama halnya dengan mb2 disini... saya jadi PNS sudah 6 tahun lebih.. tapi selama itu kok hati saya ga nyaman ya.. pengen banget keluar dari zona nyaman yg ada.. sepertinya saya blm punya keberanian utk resign, ditambah lagi ortu ga mendukung.. padahal setiap kerja saya selalu kepikiran gmn suami dan anak2 saya... bagaimana pendidikan anak2 saya.. sebenernya suami ga keberatan saya resign, tp kendala di restu ortu... sepertinya akan lebih nyaman kl saya kerja tanpa jam dan aturan yg mengikat, bisa lebih dekat dg anak2, ga perlu lagi pake BS buat jagain anak, dll... pengen tanya mb.. bener ga skrg kl mau resign dari PNS kita harus membayar ganti rugi? jujur mb, jiwa dan hati ini sdh ga kuat menghadapi konflik intern dikantor.. dan sebenernya PNS jg bukan cita2 saya sejak dulu.. saya jd PNS karena ikatan dinas... smoga saya diberikan kekuatan untuk resign...

    BalasHapus
  21. 10 tahun lebih saya bekerja sebagai PNS. Keinginan untuk resign muncul sekitar 2 tahun yang lalu. Tapi baru beberapa bulan terakhir ini keinginan itu muncul lebih kuat. Tlg di share dong form yang harus saya ajukan untuk resign dari PNS. Please...

    BalasHapus
  22. Salam mudah mudahan Allah melapangkan rezeki kita dan menambah rahmatnya amin

    BalasHapus
  23. Alhamdulillah tepat 1 april 2016 kemaren dengan mengucap bismillahirahmanirrahim saya secara resmi saya serahkan surat pengunduran diri saya sebagai seorang pns..smoga keputusan ini mendapat berkah dan rahmat dari Allah SWT..amin

    BalasHapus
  24. Bismillah..insya Allah sya yakin resign dri pns..

    BalasHapus
  25. Bismillah..insya Allah sya yakin resign dri pns..

    BalasHapus
  26. Assalamualaikum mbak, mau tanya,
    Apakah selama proses pengunduran diri hingga sk pengunduran diri keluar kita tetap masuk kerja seperti biasa dan mendapat gaji??
    Saya juga ada niat ingin berhenti karena jauh dari suami

    BalasHapus
  27. saya salut sekali Mbak. saya sudah 10 tahun menjadi honorer dan diangkat menjadi PNS tahun ini. tetapi hati ini sudah tidak bisa dipungkiri lagi, keinginan untuk resign sangat kuat karena sistem kerja yang semakin tidak saya sukai.

    BalasHapus
  28. saya salut sekali Mbak. saya sudah 10 tahun menjadi honorer dan diangkat menjadi PNS tahun ini. tetapi hati ini sudah tidak bisa dipungkiri lagi, keinginan untuk resign sangat kuat karena sistem kerja yang semakin tidak saya sukai.

    BalasHapus
  29. Saya ingin keluar dr pns karena harus berjauhan dgn suami... saya di luar pulau jawa.. suami dan ortu saya di jawa.. berat bagi saya apalagi di kondisi hamil dan tekanan di tempat kerja... tapi orang tua saya sangat melarang saya keluar dr pns.. saya galau tapi saya sudah tidak kuat

    Mbak boleh minta contact personnya atau emailnya?
    Terima kasih

    BalasHapus
  30. Ternyata banyak sekali ya PNS yang ingin resign..
    Mungkin bagi oranh2 keliatannya enak, santai tapi uang mengalir, mereka ga pernah tahu bagaimana pergolakan bathin ini tentang hisab di akhirat kelak atas sumpah pns 😢😢😢
    Doakan ya semoga dimudahkan jalan saya untuk resign dr pns juga

    BalasHapus
  31. lagi searching ttg resign dari pns, masuk ke blog mba ini. makasih mba atas sharingnya. ini juga baru search peraturan2 terkait resign dari pns ada PP 32 tahun 1979, PP 21 tahun 2014 dan surat edaran BKN NOMOR 04/SE/1980.
    alhamdulillah ya mba akhirnya bisa berhasil dan berkumpul lagi dengan suami. kalo mba punya alasan yang kuat. kalau saya bingung dengan alasannya. krn sdh bekerja lebih dari 10 tahun. kelamaan memang tapi hampir tiap tahun sudah mempersiapkan surat resign tapi ditunda krn sy berusaha menghormati banyak orang. tapi rasanya semakin terjebak kedalam. sementara pertentangan hati selalu ada. sy takut proses resign nya dipersulit. dan kl lihat posisi skr yang orang lihat sudah enak, lokasi enak dan sy jg tidak pisah dari suami...sepertinya kl sy jadi keluar pns yang menghujat akan sangat banyak :-(
    doakan ya semoga kali ini sy berhasil...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam kenal mb. Mb kok senasib y sm saya. Sdh lama pingin resign tp krn pertimbangan sana sini terutama tentangan dr org tua dan mertua, akhirnya sampai 10 thn lebih sy berusaha bertahan sbg pns. Dan sampai selama itu jd pns sy blm bs menikmati malah semakin tidak nyaman. Dengan segala sistemnya yg sdh membudaya sptnya sll mengganggu ktenangan batin sy. Bgmn skrg mb apakah sdh berhasil resign? Sy berharap bs punya keberanian dan kemantapan utk segera resign, krn kbetulan suami sy jg sgt menginginkan sy utk resign.

      Hapus
  32. bagi contoh suraat-suratnya dong

    BalasHapus
  33. Saya mau resign dari PNS, tapi masih ragu karena ini bakal tidak mudah, disamping penolakan dari rekan2, orang tua, juga masih bimbang mau kemana setelah ini. Ada yang mau kasih saran??
    Email saya ya: mdwpro@gmail.com

    BalasHapus
  34. Saya juga pns yang telah bekerja 9,5 th. 3tahun lalu ada keinginan untuk resign. Suami yg juga pns mendukung tp orangtua menentang keras.akhirnya saya bertahan.sampai detik ini keinginan untuk resign sangat kuat ditambah lagi suami sudah mutasi keluar kota. Tinggal saya dan mengurus 2 anak.berat rsanya. Mgkn saya bertahan sampai bulan maret agar genap masa kerja 10thn.dan mencoba kembali membicarakan dengan orangtua. Mudah2 dimudahkan.amin

    BalasHapus
  35. ternyata banyak yg ingin resign..saya juga akhir2 ini mulai terpikir untuk resign namun orang tua tidak mendukung keputusan saya...semoga dimudahkan jalannya untuk resign nanti buat saya amin.

    BalasHapus
  36. Saya juga berfikiran untuk resign..bekerja sudah 10 tahun n sudah dari 2015 saya mengajukan mutasi alasan mengikuti suami dan anak tunggal tetapi belum di acc..hingga sudah 3 kali pergantian pimpinan...sekarang sudah pimpinan ke 4..saya masih akan berusaha..tp bila sudah 2019 belum di acc juga..saya sepertinya akan resign..sudah 3 tahun saya menata hati..untuk kemungkinan resign apabila mutasi saya tidak berhasil...
    Sejak beberapa bulan ini saya tidak nyenyak tidur..memikirkan kedepannya saya mau bagaimana..memang keputusan yang berat dan pasti mengecewakan banyak orang..

    BalasHapus
  37. Memberi insight cerita dari penulis dan komentar di atas. Saya salut dengan para ibu" meski sdh pns tapi demi keutuhan dan kebahagiaan keluarga akhirnya memilih untuk menomor satukan keluarga.

    Saya adalah seorang pegawai bumn dengan masa kerja sudah 6 tahun, dengan sistem kerja shif dan siklus mutasi yang besar. Tidak ada masalah dengan gaji, karena kita tahu gaji di bumn cukup, tapi ada hal yang membuat ganjalan..
    Awalnya saat awal menikah tidak masalah berjauhan dengan istri.
    Namun setelah memiliki anak rasanya berat sekali untuk jauh. Inginnya setiap hari setiap jam bersama anak, mengasuhnya bersama istri.

    Ada rasa ingin resign dan berusaha mandiri berwiraswasta dengan istri. Semoga mendapatkan jalan yang terbaik...

    Terima kasih untuk sharing"nya di atas..

    BalasHapus
  38. Assalamualaikum, seneng bisa membaca pengalamannya. Saya sudah 14 tahun menjadi PNS, sempat beberapa kali berpikir resign. Saat saya utarakan selalu muncul pertanyaan, abis itu trus mau ngapain....?? Terus terang saya ingin mengurus anak-anak karena permasalahan selalu seputar asisten rumah tangga. Semoga saya bisa mendapatkan pencerahan dari semua permasalahan saya. Terima kasih untuk berbagi pengalamannya semua....membuat saya merasa tidak sendiri...

    BalasHapus
  39. Assalamualaikum, saya juga ingin resign dari pns.karena semakin hari rasa saya sangat tertekan. Terlebih lagi sejak saya tau anak saya mengidap penyakit yang sangat membutuhkan perhatian ekstra dari saya.
    Dan saya juga ingin buka usaha yang bisa membantu suami dan juga tidak meninggalkan anak2.

    BalasHapus
  40. mbak, kalau masih ada hutang bank gimana?

    BalasHapus
  41. Assalaamu'alaikum...sama mb, sy juga resign dari pns kr semata2 ingin mengabdi pada suami dan mengurus anak2. Alhamdulillah bulan kemarin sk pemberhentian jadi pns atas permintaan sendiri sudah terbit. Jadi plong rasanya. Alhamdulillah, skrg bisa lebih leluasa mengurus keluarga dan buka usaha cake dirumah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mbak Thia.. Sy mau tanya, apakah selama menunggu SK pemberhentian tetap bekerja atau seperti apa.. Trus apa saja yg masih menjadi hak dan kewajiban PNS yg bersangkutan selama proses resign masih berjalan (SK belum keluar)?
      Terima kasih sebelumnya...

      Hapus
  42. Terima kasih ya mbak.. sudah membuat blog ini... ternyata ada banyak yang senasib dgn saya... Ingin resign dari PNS tapi banyak terkendala restu orangtua... Saya pun skrg sedang merasakan hal yang sama... masa kerja saya 7 tahun sbg PNS... Pernah ditempatkan di Daerah dan skrg ditempatkan di Jakarta... Tapi sudah sekitar setahun ini, mulai muncul keinginan saya untuk resign... Apalagi beberapa bulan terakhir ini.... Saya merasa gak kuat harus berjauhan dengan suami dan juga saya sudah merasa jenuh bekerja.... Ingin sekali punya usaha sendiri yang bisa menghasilkan uang dan bisa dikendalikan dari rumah... Tapi sama seperti yang lain, saya terkendala restu orangtua.... Surat sih sebenarnya sudah saya siapkan, hanya tinggal menunggu restu dan hati yang mantap untuk dikeluarkan... Setiap hari saya berdoa supaya pergolakan batin saya ini segera berlalu.... Mohon doanya yaa... Semoga terbuka jalan untuk saya bisa resign secepatnya dan segalanya bisa dipermudah... Amin.

    BalasHapus
  43. Assalamualikum mba... saya juga pengen resign dari pns.. karena saya ingin sekali mengurus anak anak.. tapi suami tidak mengizinkan.. mati matian lebih baik dia yg berhenti kerja daripada saya..dia yg mengurus anak.dan saya tetap bekerja. karna saya pns suami seorang tks. Klo orang tua dan mertua insya Allah bisa di atasi.. saya selalu berdoa kepada Allah minta di buka kan pintu hati suami saya... saya juga udah berulang kali menjelaskan. Suami tetap keras kepala.. selalu bilang orang mengundurkan diri dari pns itu klo mau nyalon.. sementara saya ga.. dan sebenarnya saya sudah tidak tahan bekerja sebagai pns.. tidak tahan dengan birokrasinya yg carut marut..

    BalasHapus
  44. Bismillah ...

    Pergolakan bathin ini sdh lama terjadi ...
    Saya adalah wanita yang suka bekerja dirumah maupun dikantor ... belum puas rasanya kalo pekerjaan itu belum goal ...
    Namun menjadi PNS sy ga bs maksimal menuangkan ide kreatif saya ... byk sekali benturan sistem yg sejak awal bertolak belakang dg hati nurani saya ...
    Keinginan utk resign makin hari makin besar namun suami sy dan lingk keluarga menentang ...
    Benar benar tdk menemukan ketenangan dan kenyamanan hidup ... ga bs menikmati hidup ...

    Menurut pembaca apakah saya salah kalo tetap resign tanpa ijin dari suami ?
    Atau
    Saya tetap di PNS walau hati tertekan ... demi suami ...

    Help me �� pliss

    BalasHapus
  45. Yaa allah trnyata banyk tmn ny... Eh senior2 ny disni.. .
    Sy baru 2 taun d angkat jd pns ..Setelah melahirkan anak pertama saya yg sgt kami tunggu lama. .Suami meminta saya untuk berhenti bekerja dan pindah ke kota t4 suami dn mertua

    Kebetulan awal bulan maret ini cuti melahirkan hbis. . Jd mw lngsung menguris pengundurn diri..

    Tp kdng msh suka muncul rasa bimbng krna pekerjaan suami yg tidak tetap. .
    Di satu sisi kdg berfikir rezeki sudh allah atur jadi g perlu takut selama msh ada usaha..
    Tp rasanya psti sulit krna udh terbisa bekerja tiba2 hanya d rumah mengurus anak dan rmh tangga..

    Smog pilihn ini yg terbaik.. Aamiin

    BalasHapus
  46. Keluar dari pns memang keputusan yg berat, tapi akan sangat berat apabila setiap hari hati dan perasaan terus berontak, tiap hari ingat anak istri yg tinggal berjauhan.tapi perasaan takut setelah status pekerjaan kita di ktp adalah pengangguran juga jadi beban fikiran.itu yg sy fikirkan skr.
    Dah gak kuat jd pns, tapi ortu menentang. Tiap hari ,hati dan fikiran ada d rumah, kerja pun jadi gak fokus. Banyak melamun.
    Semoga kita semua diberikan jalan yg terbaik.
    Rezeki bukan hanya dari gaji pns.
    Rezeki Allah tak terbatas buat kita

    BalasHapus