Senin, 12 April 2010

Awas penipuan via ATM ...!!!

Ini merupakan pengalaman pribadi tentang upaya penipuan melalui ATM. Kejadian seperti ini sudah 2 kali kami rasakan. Mudah-mudahan kita bisa mengambil hikmah dari kejadian ini. Begini ceritanya :

Pada hari itu, seseorang (anggap saja Mr-X), menelepon tempat usaha kami dan memesan 1 unit komputer (karena memang usaha kami dibidang komputer). Karena berbaik sangka, kami masih menanggapi layaknya para konsumen yang lain. Tidak berapa lama, Mr-X menelepon lagi dan mengatakan bahwa pembayaran akan dilakukan via transfer bank dan barang akan diambil oleh seseorang suruhannya, dengan alasan Mr-X sedang berada di luar kota. It's Ok... pikir kami.

Selang beberapa saat kemudian, Mr-X menelepon lagi, dan mengatakan bahwa transfer ke rekening kami sukses. Karena kami menggunakan layanan internet banking, maka kami tidak perlu ke ATM untuk mengecek mutasi rekening. Setelah dicek via internet, ternyata kami tidak menemukan mutasi rekening pada saat itu, sehingga kami pun mengatakan pada Mr-X bahwa transaksi yang dimaksud belum ada.

Kemudian Mr-X menelepon lagi, menanyakan berbagai hal yang tidak ada hubungannya dengan transaksi ini, sepertinya Mr-X mencoba mengalihkan pikiran kami agar tidak bisa berpikir jernih lagi. Diakhir pembicaraan, Mr-X menyuruh kami untuk mengecek bersama di ATM yang telah dia tentukan, dimana ATM yang dimaksud berada 200 m dari tempat kami. Aneh...tadi Mr-X berkata sedang diluar kota, tapi sekarang ingin bertemu di ATM dekat tempat usaha kami. Padahal kalau dia langsung ke tempat kami, pasti semuanya lebih clear.

Merasa ada yang janggal -dan kebetulan juga kami sibuk-, kami tidak memenuhi kenginannya untuk bertemu di ATM. MR-X terus menerus menelepon, memaksa kami menemuinya. Karena kami tak kunjung datang ke ATM yang telah dia tentukan, Mr-X mulai memaki-maki dengan kata-kata kasar dan tak layak disebutkan. Rupanya dia telah menunggu kami di ATM untuk menjebak kami agar mengecek saldo. Selanjutnya -mungkin- akan menghipnotis atau meminta PIN untuk kepentingan kejahatannya.

Alhamdulillah, kami bisa terhindar dari upaya kejahatan ini. Dengan mengetahui salah satu modus kejahatan via ATM ini, mudah-mudahan bermanfaat untuk kita semua.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar